Cara Menghapus File Sistem Yang Tidak Terpakai Oleh Windows

Cara mudah mengatasi partisi yang tiba tiba penuh dengan menghapus file sistem yang tidak terpakai dapata membuat kinerja sistem menjadi lebih optimal

www.fahlevimikase.my.id - File atau juga berkas adalah sebuah dokumen yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer kalian yang terkemas dalam berbagai macam format atau juga ekstensi dari masing masing jenis file memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri. sebagai contoh file log atau laporan yang dibuat secara otomatis oleh sistem operasi ataupun file temp sebuah file sementara yang dibuat oleh aplikasi maupun windows itu sendiri.

Pada postingan kali ini Penulis akan membahas cara membersihkan file yang tidak terpakai oleh Windows tentunya ini akan membuat ruang penyimpanan kalian menjadi lebij besar dan juga dapat mengoptimalkan kinerja sistem. Berikut adalah caranya.

Bahan Yang Dibutuhkan :

CCleaner - Unduh Disini
Disk Cleanup - Fitur bawaan Windows.

Pertama-tama kita akan mulai membersihkan file sistem yang tidak terpakai dengan membuka Disk Cleanup Cara untuk membukanya kalian tinggal ketik saja pada kolam pencarian Menu


Kemudian pilih partisi "C" atau partisi untuk file sistem kalian. dan kemudian beri centang pada seluruh opsi yang ada. akan tetapi terkadang tidak semua opsi pembersihan akan muncul oleh karenanya jika ada tombol "Clean Up system files" diklik terlebih dahulu agar seluruh opsi muncul. selengkapnya lihat ilustrasi gambar dibawah ini

Selesai

Buka CCleaner, Kemudian Pilih Opsi "Costum Clean"

Pada Tab Costum Clean Ada 2 Opsi Yaitu " Windows " dan "Application" karena sebelumnya kita sudah membersihkannya menggunakan Cleanup jadi kita langsung lewati saja dan pergi ke tab Application. 

Pada Gambar diatas bisa dilihat ada banyak list yang muncul. kalian tinggal sesuaikan kemudian klik tombol "Analyze" jika sudah yakin klik "Run Cleaner" 

Langkah Terakhir. Klik Tab Registry Kemudian beri centang pada semua opsi yang ada. lalu klik tombol "Scan for Issues" kemudian klik tombol "Review selected issues" lalu akan muncul sebuah form kemudian pilih opsi "Fix All Selected Issues"

Selesai.

Sekian dari postngan ini jika ada yang tidak dimengerti silahkan untuk berkomentar. Terimakasih.