Cara Mengetahui Seluruh Perangkat Yang Terhubung Kedalam Router

Koneksi kalian tiba-tiba lelet? mungkin ada orang lain dalam jaringan kalian untuk mengetahuinya kalian bisa mencoba tips pada postingan ini.

www.fahlevimikase.my.id - Router atau juga biasanya modem merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kepada komputer lainnya dan juga bertanggung-jawab untuk mengatur paket lalu-lintas data yang masuk maupun keluar dalam sebuah jaringan.

Pada postingan kali ini Penulis akan membahas cara mengetahui seluruh jaringan yang terhubung pada sebuah router. bagi kalian admin atau memiliki akses dari pada router jika ingin mengetahui apa ada pihak lain yang masuk kedalam jaringan router kalian secara ilegal mungkin tips ini bisa sedikit lebih membantu. 

Alat yang kalian butuhkan. : Advanced Port Scanner 
Jika kalian belum memilikinya silahkan unduh terlebih dahulu dengan membuka tautan berikut ini : Klik untuk Mengunduh

Pada halaman awal dari aplikasi Advanced Port Scanner akan seperti gambar dibawah ini. untuk mengetahui Perangkat apa saja yang terhubung kalian klik pada tombol Scan
Kemudian prosess Memindai akan dimulai tunggu sampai selesai. jika telah selesai maka seharusnya hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Selesai. Perlu diperhatikan sebelum memulai prosess memindai pastikan Alamat IP pada kolam box sudah terisi dengan benar. umumnya terisi otomatis menyesuaikan Alamat IP kita yang terhubung pada router atau menyesuaikan IP dari router yang sedang kita gunakan.

Akan tetapi jika Alamat IP belum terisi secara otomatis kalian hanya perlu mengisinya secara manual caranya kalian harus mengetahui dulu Alamat IP kalian Cara untuk mengetahuinya buka Command Prompt (cmd) lalu ketikan perintah ipconfig sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini
Pada IPv4 Address Menunjukan Alamat IP kita saat ini. setelah mengetahuinya kalian masukan alamat tadi ke kolam box pada aplikasi Advanced Port Scanner atau yang berada tepat dibawah tombol Scan
tetapi dengan format seperti ini. misalnya Alamat IP saya adalah 192.168.100.9 saya hanya perlu merubahnya menjadi 192.168.100.0 lalu tambahkan tanda strip maka akan jadi seperti ini 192.168.100.0-255 Pada angka 255 berfungsi sebagai batas Alamat IP yang akan kita pindai kalian bisa ganti sesuai kapasitas dari pada router kalian

Sekian dari postingan ini. jika ada yang tidak kalian mengerti silahkan berkomentar pada kolam komentar yang telah disediakan dibawah.Terimakasih.